Saturday, October 16, 2010

70 Ribu Malaikat

Di bulan puasa yang baru berlalu aku menjenguk kawan yang menerita leukimia bersama Ari sahabat bersekolah di eSeMPe, Ari berucap, “Kalau menjenguk orang sakit gue semangat deh, soalnya ditemani 70 ribu malaikat”. Andai yang dikatakannya benar sekarang aku ditemani pula oleh 70 ribu malaikat dalam perjalanan menuju rumah bapak Ugi Suprapto guru olah raga Smandel selepas mengantar putriku kuliah.

Tidak harus terburu-buru waktu masih menunjukan pukul 08:46 sesuai yang tertera di puncak gedung di sisi kanan jalan tol lingkar luar arah Cikunir ketika aku memasuki gerbang tol Lenteng Agung.

Nggak sulit mencapai rumah pak Ugi, begitu keluar pintu tol Bintara lansung belok kiri, perempatan pertama belok kiri lagi masuk ke jalan Bintara Raya, perumahan Griya Bintara Indah di sebelah kiri bercokol persis sebelum Giant. Tetapi Giant harus aku lewati karena tujuan pertamaku rumah Rory, aku sampai pukul 09:31 Hendra sudah bertengger, Aji datang kemudian.

Aku duduk suguhanpun keluar berupa arem-arem dan martabak telor, wuih enak banget!. Tukang bakso dorong ketiban rejeki hanya saja rasanya kurang lekker.

Jam 11 sudah Hariyanto dan Iriani masih berputar-putar kesasar, akhirnya 11:37 semua termasuk Indrasari tiba di rumah pak Ugi, 37 menit meleset dari rencana. Rumah yang dihuni beliau bersama istri sejak 2005 walaupun mungil terkesan indah dan terpelihara.
Ahmad Himawan Di ruang makan rumah Pak uggy, bisa juga tuh main catur, kalau pos satpam penuh ha ha ha
Postur tubuh guru olah raga masih dimiliki beliau, “Kalau ngeliat badan saya kelihatannya sehat tapi saya harus cuci darah seminggu 2 kali, setiap Senin dan Kamis”, beliau bertutur. Pak Ugi menduga ramuan China yang dibeli saat pelesiran di Beijing penyebabnya, “Saya mengkonsumsinya 3 bulan, ramuan China kan keras ginjal saya nggak kuat”.

Sesekali pak Ugi batuk sambil menutup mulut dengan handuk putih kecil atau sapu tangan biru muda, “Setelah diperiksa paru-paru dan saluran pernafasan saya nggak apa-apa, dokter bilang karena terlalu sering transfusi (darah), orang-orang biasanya setahun sekali, saya (sejak 2009) sudah 7 kali tranfusi yang menyebabkan dinding jantung saya menebal 5 senti(meter), (klep) jantung saya juga sudah bocor. Sekarang saya harus menjaga (asupan) makanan supaya organ-organ lain nggak ikut rusak”. Kami turut prihatin mendengar beliau bercerita.

Kunjungan Kamis 13 Oktober, Emak Gepeng dan Oma Ira
Era Maria Retno Smoga Bp Ugi dibri kesembuhan,,Bp Guru yg rajin membina team basket & volley smndel,,sy jd ingat wkt bliau baru menikah & mbawa Ibu Ugi ke sma kita,,btapa indahnya kenangan,,wkt sdh brlalu 30 th ya,Tuhan Memberkati Bp/Ibu juga Bp/Ibu Guru kita semua
Ketika kami mengundang beliau untuk menonton pertandingan basket antara alumni Smandel melawan alumni SMAN 4 dalam waktu dekat, mata beliau terlihat berbinar seolah merasakan kembali berada di tengah-tengah anak didiknya, “Kalau nonton aja sih bisa .. ha ha ha ...., kapan? Nanti kasih tahu aja!”

Guru yang dicintai muridnya ini ternyata disayangi juga oleh sejawatnya terbukti beliau bersama ibu Salmah Bahweres dipilih secara aklamasi untuk menunaikan ibadah haji saat arisan haji guru Smandel pertama kali digelar di tahun 2003.


  • Rosana Harahap likes this.

    • Ahmad Himawan Haryanto, Irianie, Indrasari, Mahendra,Lusiaji, Chormen, Ira, Tri terima kasih telah mewakili silaturahmi smandel 81 dengan Pak Uggy yang 30 th terputus, GBU all.

    • Ady Rosdarmawan Thanks semuanya, sorry ada yg sakit jadi Gw hrs jaga d RS.

    • Hariyanto Putra kasihan wan seminggu 2 x cci darah...tapi semangat nya ttp hebat.... tidak pikun ..... daya ingat nya luar biasa ..

    • Rosana Harahap pak Uggy sekarang usianya berapa Har?


    • Ahmad Himawan ‎@ Ros, pokoknya di atas kita ( ...pasti sebel, ...garing pasti komennya )

    • Hariyanto Putra kalau ga salah 78 ..nan...dia sendiri jawab nya sambil b canda....ros...., gembira bgt..dia dikujungi.., istrinya lagi di pengajian tadi.......tinggal mencari jejak guru yg lain ros....tolong di info ya.?.. , kpn ..kita dtg/jumpa lagi...?............
Sebelum pamit kami berdoa bersama yang dipimpin oleh ustad Rory agar ujian kesehatan yang dialami oleh pak Ugi dapat meningkatkan keimanan beliau kepada Allah dan mendokan semoga Allah memberikan kesembuhan untuk bapak Ugi tercinta, amin.

“Wajah kalian semuanya berubah kecuali kamu”, mata pak Ugi mengarah kepadaku. Maksud beliau memiliki 2 arti. Pertama bisa diartikan sampai sekarang wajahku masih imut-imut atau yang kedua....... memang dari dulu wajahku sudah amit-amit, kayaknya yang pertama deh! Ya kan?.


Ade Nirmala, Very touchy story....! :)
Akmal N Basral, Pagi-pagi lagi nyusuri sungai Barito, dan keriuhan pasar terapung, sambil baca cerita om Chormen, asik sekali. Semoga makin banyak malaikat yang nemenin Om Chormen.

No comments: